Cara Daftar Akun SIM PKB Dengan Mudah Dan Praktis

Halo, apa kabar Bapak/Ibu hari ini? Semoga selalu sehat dan tetap semangat mengabdi untuk negeri tercinta, Indonesia.

Di artikel sebelumnya, Bapak/Ibu sudah bertemu bahasan tentang SIM PKB, meliputi pengertian, fungsi, cara buka, dan sebagainya. Nah, di artikel ini Admin Blog kampuspendidikan.com akan membahas lebih lengkap tentang bagaimana cara daftar SIM PKB, cara login SIM PKB, SIM PKB 2021, dan beberapa bahasan lain. Yuk, simak!

Baca Juga : Daftar Nama Guru Yang Masuk PPPK

Cara Daftar SIM PKB

Cara daftar SIM PKB terdiri dari dua langkah utama, yaitu mendaftarkan akun di GTK dan daftar SIM PKB. Jika Bapak/Ibu tidak mendaftarkan diri di akun GTK, maka Bapak/Ibu tidak akan bisa membuat akun SIM PKB. Adapun langkah detail untuk daftar SIM PKB adalah sebagai berikut.


1. Daftar akun di GTK

Seperti pembahasan sebelumnya, cara daftar SIM PKB didahului dengan mendaftarkan akun di laman GTK.


Adapun langkah-langkah lengkapnya adalah sebagai berikut.

a. Jika Bapak/Ibu membuka laman web di atas, diperoleh tampilan yang bertuliskan “Nomor Peserta UKG” dan “Tanggal Lahir Anda” seperti berikut.


Jika Bapak/Ibu sudah tahu nomor UKGnya, silahkan langsung ketikkan di kolom yang tersedia. Namun, jika Bapak/Ibu belum mengetahui nomor UKGnya, silahkan klik pilihan “Cari no UKG” di bagian kanan bawah (bagian yang dilingkari warna merah). Setelah Bapak/Ibu mengklik “Cari no UKG” akan diperoleh tampilan seperti berikut.


Silakan Bapak/Ibu memasukkan nama, asal provinsi, dan kota. Lalu, klik CARI GTK. Setelah Bapak/Ibu klik CARI GTK, akan muncul tampilan seperti berikut.

Bagian yang dilingkari hitam itu menunjukkan nomor UKG Bapak/Ibu. Selanjutnya, salin nomor UKG tersebut lalu kembali ke tampilan awal untuk registrasi. Sebelum klik “REGISTER” jangan lupa untuk mencentang “Saya bukan robot” (bagian yang dilingkari warna biru).

Baca Juga : Jika Kamu Membutuhkan Bahan Materi Atau Contoh-contoh So'al Tes CPNS Silahkan Baca Di SINI

b. Setelah Bapak/Ibu mengisi kolom registrasi, Bapak/Ibu akan mendapatkan laman “PERSETUJUAN”. Lalu, klik “Setuju & Cetak”.


c. Selanjutnya, akan muncul berkas unduhan berupa pdf yang nantinya harus disimpan. Bapak/Ibu bisa memilih tombol “Save”. Di berkas pdf tersebut berisi username dan password untuk login di SIM PKB.


Seperti keterangan yang tertera, apabila Bapak/Ibu gagal mendaftar di akun GTK, silakan menghubungi admin PKB di Dinas Pendidikan Kab/Kota. 


Hal yang tak kalah penting adalah data Bapak/Ibu harus sudah terdaftar di GTK melalui Dapodik. Jika Bapak/Ibu belum terdaftar di GTK, maka tidak akan memiliki nomor UKG untuk daftar SIM PKB.


2. Daftar SIM PKB

Untuk mendaftar SIM PKB, Bapak/Ibu bisa masuk melalui lama ini.


Adapun langkah lengkapnya adalah sebagai berikut.

a. Jika Bapak/Ibu membuka laman web di atas, akan diperoleh tampilan seperti berikut.


b. Klik bagian SIM PKB – Admin/Personal, lalu diperoleh tampilan seperti berikut.



Untuk, username dan password bisa Bapak/Ibu lihat di file pdf unduhan hasil registrasi akun GTK tadi. Setelah username dan password terisi silahkan klik “MASUK”.


Cara Login SIM PKB

Jika Bapak/Ibu sudah memiliki akun di SIM PKB, tentu tidak perlu daftar seperti langkah awal yang telah dijelaskan di artikel ini. Login bisa dilakukan dengan mudah melalui laman paspor GTK  dan akan muncul tampilan  Seperti Gambar di atas,

Baca Juga : Pedoman Sayarat Wajib Pelamar CPNS Buka Di SINI

Agar Bapak/Ibu tidak berulang kali memasukkan username dan password setiap akan login, silahkan simpan username dan password tersebut.


SIM PKB 2020

Pada dasarnya, SIM PKB 2020 sama seperti SIM PKB tahun-tahun sebelumnya. Bagi Bapak/Ibu yang sudah lolos pretest PPG 2020, untuk informasi keikutsertaan PPG akan ditampilkan di akun SIM PKB. Artinya, SIM PKB akan menampilkan data-data Bapak/Ibu dan terintegrasi dengan data keguruan yang lain.


SIM PKB 2021

Pada SIM PKB 2021, Bapak/Ibu bisa mengecek daftar peserta PPG 2021, cek peserta PKP 2021, maupun cek info GTK 2021. Terlebih, di tahun 2021 ini di mana seluruh kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring, sehingga Bapak/Ibu bisa menjumpai beberapa pelatihan dan diklat di dalamnya. Rapor pelatihan diklat yang Bapak/Ibu ikuti juga bisa dilihat di SIM PKB.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel