Cara Cek Penerima PIP 2021



Untuk mengecek daftar peserta didik penerima Program Indonesia Pintar (PIP) 2021 yakni masuk ke laman resmi pip.kemdikbud dengan menyiapkan NISN, tanggal lahir, dan nama ibu kandung. Secara lebih rinci, berikut ini cara cek penerima dana PIP 2021:

  1. Akses https://pip.kemdikbud.go.id/
  2. Klik menu Cek Penerima PIP di bagian kiri laman.
  3. Masukkan NISN, tanggal lahir, dan nama Ibu Kandung.
  4. Ketuk Cek Data.
  5. Jika kamu penerima, akan muncul informasi nama siswa, nama sekolah, tempat tinggal dan bank penyalur.
Sementara jika tidak terdaftar, akan muncul pemberitahuan berwarna merah di bagian atas berbunyi “Siswa bukan penerima PIP”.

Pengambilan dana Program Indonesia Pintar secara kolektif dapat dilakukan jika berada di wilayah yang sulit untuk mengakses bank penyalur dengan dipercayakan pada kepada kepala sekolah, ketua lembaga, bendahara sekolah, atau bendahara lembaga.

Bank penyalur yang mencairkan dana PIP di antaranya Bank Rakyat Indonensia (BRI) dan Bank Nasional Indonesia (BNI).


Pemegang KIP dengan jenjang SD/SMP/SMK/Paket A/Paket B/Kursus dapat mencairkan dana PIP di BRI. Pemegang KIP dengan jenjang SMA/Paket C dapat mencairkannya di BNI dan khusus pemegang KIP dengan jenjang SD/SMP harus didampingi orangtua/wali/guru saat mendatangi bank untuk mencairkan dana tersebut.

Selanjutnya, pemegang KIP melakukan aktivasi rekening apabila akan menggunakan tabungan kemudian menandatangani bukti penerimaan dana dan menerima dana PIP tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel