Soal Asesmen AKM - Bahasa Indonesia

 


Latihan Soal AKM - Bahasa Indonesia Untuk Mendownload Dokumen Microsoft Woard Silahkan Klik DI SINI Gratis

1.       Buku ini sangat perlu dibaca oleh para pelajar. Dengan buku ini kita mendapatkan banyak pelajaran moral yang akhir-akhir ini terasa mulai berkurang.

Kutipan tersebut merupakan bagian resensi yang berisi penjelasan tentang ...

JAWABAN :

a.       Rangkuman buku

b.      Tanggapan penulis resensi

c.       Kelebihan buku

d.      Kelemahan buku

2.       Letusan Gunung Merapi, Senin (1/11), menguak betapa banyak fenomena yang terjadi. Salah satunya adalah asap solfatara atau awan yang terlihat membentuk sebuah gambar tokoh pewayangan, Petruk. Asap itu dikenal dengan nama awan Mbah Petruk. Sekitar lima jam setelah kemunculan awan Mbah Petruk, Gunung Merapi tersebut meletus. Hal seperti itu terulang sampai dua kali.

Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ...

JAWABAN :                                                

a.       Tokoh Petruk dikenal sebagai tokoh yang suka jahil dalam cerita pewayangan.

b.      Munculnya awan Mbah Petruk menjadi penanda Gunung Merapi akan meletus.

c.       Awan Mbah Petruk yang muncul berbeda dengan asap solfatara

d.      Lima jam sebelum Gunung Merapi meletus tidak ditemukan awan Mbah Petruk.

3.       Warga Depok harus mewaspadai kondisi hujan yang tidak menentu. Pasalnya, akan terjadi potensi rawan longsor dan banjir di Kota Depok. Kondisi seperti ini akan berlangsung hingga Maret. Hal ini akan menimbulkan luapan air di beberapa sungai dan saluran irigasi di Depok. Itu semua dikemukakan oleh Kabid Sumber Daya Air, Welman Naipospos hari Senin (9/2)

Kritik yang tepat terhadap isi paragraf tersebut adalah .....

JAWABAN:

a.       Hujan yang turun di Depok merupakan hal yang harus diperhatikan warga

b.      Musim hujan kali ini merepresentasikan warga terutama yang tinggal dekat sungai.

c.       Sungai dan irigasi selalu dibersihkan agar tidak terjadi luapan pada musim hujan.

d.      Peringatan yang disampaikan Pemda Depok sangat berguna bagi warga Depok.

4.       Sambil  tiduran, pikiranku  terus berjalan-jalan. Ayah selalu marah jika pulpen, kertas dan  berkas-berkas  kerjanya  tak  tersimpan  lagi  di  dalam  tasnya,  juga  sepatu  dan perlengkapan  kerja  lainnya.  Padahal  setiap  pulang  kerja,  ayah  selalu  menaruh  tas kerjanya di tempat sembarangan. Terkadang, berkas-berkas kerjanya selalu diletakkan begitu saja setelah selesai ayah membacanya. Tentu saja, kebiasaan  ini membuat  ibu menjadi sering gusar

Latar tempat dan suasana pada kutipan cerpen tersebut adalah di ....

JAWABAN :

a.       kamar tidur dengan suasana berantakan

b.      ruang kerja dengan suasana yang rapi

c.       ruang makan dengan suasana mencekam

d.      kamar tamu dengan suasana ramai

5.       Seorang pasien merasa kurang puas terhadap dokter gigi yang kerjanya tidak profesional dan terkesan jorok. Sebab, setelah menangani istrinya, dokter tersebut tidak mencuci semua peralatan yang sudah dipergunakan. Kemudian langsung digunakan untuk menanganinya. Bahkan, istrinya sampai mengingatkan untuk mencucinya. Namun, dokter tersebut tidak mencuci peralatan yang sebelumnya sudah dipergunakan untuk mencabut gigi istrinya.

Surat pembaca yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ....

JAWABAN :

a.       Saya sangat kecewa terhadap kerja dokter gigi yang tidak profesional dan terkesan jorok itu. Sebab, setelah menangani istri saya, dokter tidak mencuci semua peralatan yang sudah dipergunakan. Bahkan, setelah diingatkan sekali pun.

b.      Saya jadi jijik melihat cara kerja dokter gigi yang menangani istri saya. Seharusnya ia bekerja profesional dan higienis, seperti mencuci semua peralatan yang sudah dipergunakan. Sebab, keselamatan pasien menjadi tanggung jawabnya selama dalam penanganannya. Apalagi kami sudah membayar mahal.

c.       Saya kurang puas terhadap cara kerja dokter gigi yang menangani istri saya.Seharusnya ia bekerja profesional dan higienis, seperti mencuci semua peralatan yang sudah dipergunakan. Bukankah pasien harus diberi pelayanan yang baik?

d.      Sebenarnya saya sedikit kecewa terhadap kerja dokter gigi yang profesional tetapi jorok itu. Sebab, setelah menangani gigi saya, dokter tidak mencuci semua peralatan yang sudah dipergunakan. walaupun sudah diingatkan.

6.       Untuk membudayakan gemar menulis, sekolah mengadakan lomba menulis cerita anak-anak. Untuk memacu minat peserta, panitia membuat slogan.

Slogan yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah ...

JAWABAN :

a.       Menulis untuk mengisi waktu.

b.      Budayakan semua lomba lewat menulis!

c.       Keterampilan diperoleh dari menulis.

d.      Cerita anak dilombakan menulis dibudayakan.

7.       Menghadapi peringatan Hari Kemerdekaan OSIS SMP Purna Karya akan mengadakan lomba sepeda hias. Siswa yang berminat diharap mendaftar ke sekretariat OSIS sebelum 17 Agustus 2014. Lomba akan diadakan di Lapangan Nasional pada 20 Agustus 2014.

Pengumuman yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah .....

JAWABAN :

a.       Seluruh siswa harap mengikuti lomba sepeda hias yang akan diadakan di Lapangan Nasional sebelum 20 Agustus 2014. Daftarkan diri ke sekretariat OSIS pada 17 Agustus 2014.

b.      Siswa harap mengikuti lomba sepeda hias yang akan diadakan di sekretariat OSIS pada 20 Agustus 2014. Daftarkan diri ke Lapangan Nasional sebelum 17 Agustus 2014.

c.       Seluruh siswa yang akan mengikuti lomba sepeda hias yang akan diadakan di Lapangan Nasional sebelum 20 Agustus 2014 harap mendaftarkan diri ke sekretariat OSIS pada 17 Agustus 2014.

d.      Siswa yang berminat mengikuti lomba sepeda hias diharap mendaftarkan diri ke sekretariat OSIS sebelum 17 Agustus 2014. Lomba akan diadakan di Lapangan Nasional pada 20 Agustus 2014.

8.       Teks Berita I

Pagi yang cerah di Incheon, Korea Selatan, Sabtu (20/9), menyertai Juwita Niza Wasni meraih medali perak dari wushu. Ia meraih medali perak dari nomor jurus nandao (golok) daaquan (pukulan tangan kosong). Sang Merah Putih pun berkibar di arena cabang wushu.

Teks Berita II

Dari cabang angkat besi, tim Merah Putih mendapat perak melalui filter Sri Wahyuni yang turun di kelas 48 kilogram putri. Hasil ini sesuai dengan target yang dibebankan Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas

Persamaan informasi kedua kutipan berita tersebut adalah ...

JAWABAN :

a.       waktu pelaksanaan

b.      cabang pertandingan

c.       target yang diinginkan

d.      hasil yang diperoleh

9.       Jenderal Besar TNI Anumerta Soedirman lahir di Bodas Karangjati, Purbalingga, Jawa Tengah, 24 Januari 1916. Ia dibesarkan dalam lingkungan keluarga sederhana.  Perang besar pertama yang dipimpin Soedirman adalah perang Palagan Ambarawa melawan pasukan Inggris dan NICA yang berlangsung dari bulan November hingga Desember 1945.   Ketika berada di Yogyakarta, penyakit yang diderita Soedirman semakin parah. Akibat penyakitnya, paru-parunya yang berfungsi tinggal satu. Dalam situasi genting , Soedirman dengan ditandu berangkat bersama pasukannya dan kembali melakukan perang gerilya. Ia berpindah-pindah selama tujuh bulan dari hutan satu ke hutan lain, dan dari gunung ke gunung dalam keadaan sakit dan lemah dan dalam kondisi hampir tanpa pengobatan dan perawatan medis. Ia memimpin pasukan gerilya dengan rute dari Yogyakarta, Surakarta, Madiun hingga Kediri.

Hal yang patut diteladani dari tokoh tersebut adalah ....

JAWABAN :

a.       selalu memikirkan keselamatan dan kesehatan anak buahnya.

b.      pantang menyerah dalam berjuang walaupun sakit

c.       hidup dalam keluarga yang sederhana dan santun.

d.      saat berjuang tetap memperhatikan kesehatan paru-parunya.

10.   Benyamin Sueb lahir di Jakarta, 5 Maret 1939. Bungsu delapan bersudara ini sudah kehilangan bapaknya sejak berusia dua tahun. Pahit getir kehidupan di Jakarta sudah dialami sejak belia. Oleh karena kondisi ekonomi yang tidak menentu, Si Ben yang kocak sejak berumur tiga tahun sudah mengamen keliling kampung dan hasilnya untuk biaya sekolah kakak-kakaknya. Orang yang melihat aksinya menjadi tertawa kemudian memberikan uang receh dan sepotong kue sebagai imbalan. Sifatnya yang humoris dan jahil membuat dia disukai banyak orang.

Keistimewaan tokoh  dalam biografi tersebut adalah ....

JAWABAN :

a.       humoris dan jahil sehingga disukai banyak orang

b.      sejak belia sudah mengalami pahit getir kehidupan Jakarta.

c.       usia tiga tahun sudah mengamen untuk menafkahi keluarga

d.      pandai membuat orang tertawa dan senang

11.   Budi, sahabatku

di  Surabaya

[ .....] Apalagi saat kamu mau mampir ke rumahku. Pasti asyik banget bisa ketemu lagi. Bud, menyesal sekali aku tidak bisa menerimamu di rumahku. Bukan karena aku nggak mau tapi aku benar-benar nggak bisa. Mau tahu kenapa? Soalnya tanggal 20 Mei itu aku dan keluargaku ada acara arisan keluarga di rumah eyangku. Maaf  ya Bud, aku tidak bisa meninggalkan acara itu.

Sahabatmu,

Ardi

Bagian pembuka yang tepat untuk melengkapi surat tersebut adalah ....

JAWABAN :

a.       Bagaimana kabarmu dan teman-teman di Surabaya?

b.      Mengapa kamu lama tak memberi kabar tentang kotamu?

c.       Senang sekali aku menerima kirimanmu yang dulu itu.

d.      Bahagia sekali rasanya waktu mendengar kamu akan ke kotaku.

12.   Pramudya Ananta Toer menjadi penulis produktif di masa kemerdekaan. Ia menulis beberapa novel dan cerita singkat yang mengangkat namanya, seperti Keluarga Gerilya, Subuh, Pertjintaan Revolusi, Cerita dari Blora, dan Tjerita dari Djakarta. Belasan buku karya Pram telah diterjemahkan ke lebih dari 30 bahasa dunia, termasuk Jerman, Jepang, Rusia, dan Inggris. Pernah oleh majalah Time, Pram dinobatkan sebagai salah satu Asian Heroes. Sementara Los Angeles Time menjulukinya Albert Camus Indonesia, dan termasuk 100 pengarang dunia yang karyanya wajib dibaca sejajar dengan John Steinbejk dan Graham Greene.

Keistimewaan tokoh tersebut adalah

JAWABAN :

a.       penulis novel dan cerita singkat

b.      seorang pengarang yang produktif

c.       dijuluki Albert Camus Indonesia

d.      termasuk 100 pengarang dunia

13.   Hari Minggu 1 Februari 2015, Naura dan keluarganya pergi ke rumah pamannya di Kota Bogor. Dia agak kecewa karena tidak jadi mengunjungi Kebun Raya Bogor. Tapi kekecewaannya agak terobati karena anak-anak pamannya menyambutnya dengan ramah.

Catatan harian yang paling sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...

JAWABAN :

a.       Hari Minggu 1 Februari 2015, aku senang sekali karena bertemu dengan anak-anak Paman yang datang dari Kota Bogor. Namun, aku agak kecewa karena Paman tidak berjanji akan mengajakku mengunjungi Kebun Raya Bogor.

b.      Hari Minggu 1 Februari 2015, kami pergi ke Bogor mengunjungi Paman. Mula-mula aku agak kecewa karena rencana pergi ke Kebun Raya Bogor dibatalkan akibat kemalaman. Namun, sambutan ramah anak-anak Paman telah menghapus rasa kecewa itu.

c.       Hari Minggu 1 Februari 2015, Naura senang sekali karena bertemu dengan anak-anak pamannya yang datang dari Kota Bogor. Lebih-lebih Paman menjanjikan akan mengajaknya mengunjungi Kebun Raya Bogor.

d.      Hari Minggu 1 Februari 2015, dia senang sekali karena bertemu dengan anak-anak pamannya saat pergi ke Kota Bogor. Anak-anak pamannya sangat ramah. Jadi mampu mengobati rasa kecewanya akibat tidak jadi mengunjungi Kebun Raya Bogor.

14.   Dalam rangka menyambut Hari Kebangkitan Nasional SMP Praja Muda bermaksud melakukan kegiatan Pasar Murah yang akan dilaksanakan di aula sekolah. Pembina OSIS menyuruh Ketua OSIS membuat proposal untuk kegiatan tersebut.

Isi pesan yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ....

JAWABAN :

a.       Segera buat proposal kegiatan Pasar Murah menyambut Hari Kebangkitan Nasional.

b.      Siapkan peserta yang ikut kegiatan Pasar Murah menyambut Hari Kebangkitan Nasional.

c.       Segera lakukan kegiatan Pasar Murah menyambut Hari Kebangkitan Nasional.

d.      Siapkan acara pembukaan Pasar Murah menyambut Hari Kebangkitan Nasional.

15.   Pada masa kolonial, kebaya menjadi identitas pribumi. Setelah Indonesia, merdeka kebaya menjadi identitas nasional. Pada tahun 1968 dicanangkan kebaya sebagai busana nasional. Pada masa lalu, sebagian wanita Indonesia berkebaya dan bersarung. Mereka terlihat anggun dan cantik. Sekarang hampir tidak dijumpainya lagi. Jangankan di kota, di desa-desa pun jarang terlihat wanita mengenakan kebaya.

Simpulan isi paragraf tersebut adalah ...

JAWABAN :

a.       Kebaya perlu diperkenalkan lagi sebagai busana nasional.

b.      Kebaya yang dulu jadi identitas pribumi mulai ditinggalkan.

c.       Masyarakat berkebaya hanya pada saat acara-acara resmi.

d.      Kebaya sudah tertinggal mode dalam dunia permodelan.

16.   Dengan ini kami beritahukan bahwa pengurus OSIS SMP 1 Tunas Karya bermaksud mengadakan studi banding ke SMP Semesta Semarang pada:

hari        : Sabtu, 22 Juni 2014 

pukul       : 08.30 WIB

Sehubungan dengan kegiatan tersebut, kami berharap Bapak/Ibu berkenan menerima kedatangan kami. [ .... ]

Kalimat yang tepat untuk melengkapi penutup surat tersebut adalah ...

JAWABAN :

a.       Kami ucapkan terima kasih atas kunjungan Bapak/ Ibu di sekolah kami ini.

b.      Atas sambutannya, kami sampaikan terima kasih.

c.       Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

d.      Agar kegiatan yang kami rencanakan dapat berjalan lancar, kami harap hadir tepat waktu.

17.   Kenaikan harga minyak mentah dunia, yang mencapai lebih dari 65 dollar AS per barel, memicu negara-negara pengimpor minyak mencari sumber energi alternatif untuk menggantikan bahan bakar minyak fosil. Pilihannya jatuh pada bahan bakar nabati (dari tanaman) yang dianggap dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan karena dapat diperbarui dalam jangka pendek.

Di Indonesia, Presiden Yudhoyono bertekad mewujudkan bahan bakar nabati sebagai salah satu sumber energi nasional. Selain sebagai solusi terhadap persoalan energi nasional, pengembangan bahan bakar nabati dianggap dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mengangkat rakyat dari kemiskinan.

Rangkuman teks tersebut yang tepat adalah ....

JAWABAN :

a.       Kenaikan harga minyak mentah dunia memicu negara-negara pengimpor minyak mencari sumber energi alternatif untuk menggantikan bahan bakar minyak fosil.

b.      Indonesia bertekad mewujudkan bahan bakar nabati sebagai salah satu sumber energi nasional. karena kenaikan harga minyak mentah dunia mencapai lebih dari 65 dollar AS per barel.

c.       Indonesia bertekad mewujudkan bahan bakar nabati sebagai salah satu sumber energi nasional karena bakar nabati dapat diperbarui dalam jangka pendek menggantikan bahan bakar minyak fosil.

d.      Kenaikan harga minyak mentah dunia memicu negara-negara pengimpor minyak mencari sumber energi alternatif seperti Indonesia yang bertekad mewujudkan bahan bakar nabati sebagai salah satu sumber energi nasional.

18.   Permainan kelereng itu  makin seru. Dari 6 orang yang ikut permainan kelereng, tinggal Arman dan Kolep yang main. Kali ini giliran Amran yang  main. Jarak kelerengnya dengan kelereng Koleb hanya semeter. Amran berkonsentrasi. Teriakan kawan yang mendoakannya gagal atau mendoakannya berhasil, tak dia hiraukan. Lewat ujung matanya dia memantapkan diri bahwa arah bidikannya sudah tepat. Sedetik kemudian, si biru, kelereng jagoannya meluncur deras dari kepalan tanggannya. Sial, tidak kena, meleset kurang dari 1 milimeter. Amran memukul tanah untuk menumpahkan kekesalannya.

Konflik dalam penggalan cerpen tersebut adalah ....

JAWABAN :

a.       Amran kesal karena gagal mengenai kelereng Kolep.

b.      Amran terganggu konsentrasinya dalam permainan kelereng.

c.       Amran punya kelereng jagoan yang diberinya nama si biru.

d.      Amran kesal karena kelerengnya habis.

19.   Dalam waktu dekat ini Paman membutuhkan dana yang cukup besar. Paman memiliki sebidang tanah seluas dua hektar. Lokasinya terletak di pinggir jalan raya  Wiradesa-Pekalongan. Tanah itu sudah menjadi hak miliknya dibuktikan dengan sertifikat hak milik sehingga tanah tidak dalam keadaan sengketa. Harga tanah di sekitar tempat itu  kurang lebih Rp 300.000,00 per meter. Agar tanahnya segera laku, Paman akan menjual tanahnya dengan harga nego. Sekarang ini Paman tinggal di Jalan Tamtaman 324, Yogyakarta, dengan nomor telepon (0285) 4417 087.

Iklan baris yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ....

JAWABAN :

a.       Jl Tnh ls 2ha lok jl raya Wiradesa-Pekalongan, bkn tnh sengketa, 300 rb/m2 hub (0285) 4417 087.

b.      Jl cepat Tanah seluas 2ha lok jl Wiradesa-Pekalongan, SHM, 300 rb/m2 nego hub (0285) 4417 087.

c.       Jl Tnh ls 2 hektar lok jl raya Wiradesa-Pekalongan, SHM, 300 rb/m2 hubungi (0285) 4417 087.

d.      Jl cpt Tnh ls 2ha lok jl raya Wiradesa-Pekalongan, SHM, 300 rb/m2 nego hub (0285) 4417 087.

20.   "Aah ... , kalau begini naga-naganya akan habislah binatang di hutan ini dimakan si raksasa jahat itu, maka punahlah kita semua,” demikian kata si Macan Loreng raja hutan itu.

Kata maka dalam cuplikan tersebut semakna dengan ....

JAWABAN :

a.       sebabnya

b.      karena itu

c.       seharusnya naga

d.      semakanya

 

Terimakasih Semoga Sukses

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel