Cara membuat dan menggunakan media instalasi untuk menginstal ulang Windows 10 melalui drive USB

 Jika ada masalah kritis yang terjadi di komputer Anda (seperti tidak dapat masuk ke Sistem Operasi Windows), dan Anda tidak memiliki recovery drive (di sini Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang Bagaimana cara membuat dan menggunakan Windows recovery drive), Anda dapat coba gunakan media instalasi Windows untuk menginstal ulang Windows 10.  Jika Anda ingin menggunakan media instalasi, pertama-tama Anda perlu menyiapkan komputer lain dengan koneksi internet (jika komputer Anda tidak dapat masuk ke Windows) dan USB flash drive kosong (minimal 16 GB) untuk membuat media instalasi Windows 10.

※ Catatan: File pribadi dan aplikasi internal akan dihapus setelah menggunakan media instalasi Microsoft untuk menginstal ulang Windows. Beberapa aplikasi internal mungkin tidak tersedia dari situs dukungan ASUS, jadi silakan hubungi ASUS repair center jika Anda membutuhkannya. Di sini Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang Bagaimana cara mencari dan download utilities.

Membuat media instalasi Windows 10

1. Masuk ke website Microsoft, klik [Download tool now]① untuk mendownload tool media instalasi Windows 10.



2. Buka folder tool yang telah di download, kemudian klik dua kali file [MediaCreationTool]② untutk memulai penginstalan.



3. Apabila muncuk jendela User Account Control, silahkan pilih [Yes]③.


4. Persyaratan lisensi perangkat lunak Microsoft dan pemberitahuan yang berlaku, Pilih [Accept]④.




5. pilih [Create installation media (USB flash drive, DVD, or ISO file) for another PC]⑤, kemudian pilih [Next]⑥.




6. Pilih language, edition, and architecture (64-bit atau 32-bit) yang ingin Anda buat untuk media instalasi Windows 10⑦, kemudian pilih [Next]⑧.

※Catatan: Pilih language, edition, dan architecture untuk unit anda untuk mencegah kesalahan yang terjadi pada aktivasi Windows 10 sesudahnya (jika komputer Anda dengan lisensi digital, Windows 10 akan otomatis diaktifkan ketika online setelah penginstalan selesai).



7. Hubungkan USB flash drive yang ingin Anda buat sebagai media instalasi Windows 10 ke komputer Anda, pilih [USB flash drive]⑨ dan pilih [Next]⑩.

※ Catatan: Semua file di USB flash drive akan dihapus selama proses tersebut, jadi harap cadangkan file Anda terlebih dahulu jika Anda memiliki data di dalamnya.



8. pada drive yang dapat dilepas, konfirmasi dan pilih flash drive USB yang ingin Anda gunakan⑪, kemudian pilih [Next]⑫, dan sistem akan mulai mengunduh serta membuat media instalasi Windows 10. Pembuatannya akan memakan waktu cukup lama, yang bergantung pada komputer Anda dan koneksi internet.

※ Catatan: Harap pastikan adaptor AC terhubung serta ada koneksi internet yang stabil selama proses, dan jangan mematikan paksa untuk mencegah pembuatan tidak selesai.



9. Media instalasi sudah dibuat, silahkan klik [Finish]⑬.



Kembali ke konten

Gunakan media instalasi untuk menginstal ulang Windows 10


1. Hubungkan media instalasi (USB flash drive) ke komputer Anda.

2. Nyalakan komputer dan pilih opsi boot sebagai USB flash drive, di sini Anda dapat mempelajari lebih lanjut Bagaimana cara boot sistem melalui USB drive.

3. Komputer akan memasuki Windows Setup. Silakan pilih bahasa, waktu dan format mata uang, dan keyboard atau metode masukan①, kemudian klik [Next]②.

4. klik [Install now]③.



5. Jika komputer Anda menggunakan Sistem Operasi Windows bawaan (yang merupakan lisensi digital), pilih [I don’t have a product key]④, Windows 10 otomatis akan diaktifkan secara online setelah penginstalan selesai.



6. Pilih versi Sistem Operasi yang ingin Anda instal⑤, kemudian klik [Next]⑥.

※Catatan: Pilih versi yang awalnya dimiliki komputer Anda, jika tidak, aktivasi Windows akan error jika versinya tidak sama.



7. Persyaratan lisensi perangkat lunak Microsoft dan pemberitahuan yang berlaku, harap centang kotak [I accept the license terms]⑦, kemudian klik [Next]⑧.


8. Pilih [Custom: Install Windows only (advanced) ]⑨.



9.Anda akan melihat daftar semua drive dan partisi di komputer Anda. Jika beberapa disk ditampilkan, Anda hanya perlu menghapus semua partisi dari disk tempat Anda ingin menginstal Windows. (Kebanyakan Disk C ditempatkan sebagai Drive 0, jadi mari kita gunakan Drive 0 sebagai contoh.)

Pilih setiap partisi Drive 0 dalam daftar⑩, kemudian pilih [Delete]⑪.  Jika pemberitahuan Pengaturan Windows muncul, silakan pilih [OK]⑫.

※ Catatan: Jika Anda memilih Hapus di disk / drive lain, itu akan menghapus semua data di dalamnya.




10. Setelah mereproduksi langkah 9 untuk menghapus semua partisi Drive 0, hanya Drive 0 Unallocated Space yang harus tersisa.  pilih [Drive 0 Unallocated Space]⑬, kemudian klik [Next]⑭ untuk meinstal ulang Windows.

※ Catatan: Pastikan adaptor AC tersambung selama proses, dan jangan mematikan paksa untuk mencegah masalah apa pun.

11. Komputer akan restart dan masuk ke halaman pengaturan dasar Windows setelah penginstalan selesai, di sini Anda dapat mempelajari lebih lanjut Windows 10 - Mulai untuk pertama kalinya.



12. Setelah menyelesaikan pengaturan dasar Windows dan masuk ke desktop, Anda harus pergi ke situs dukungan ASUS untuk mengunduh driver, di sini Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang Bagaimana cara mencari dan download driver.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel