Profil Sekolah Tinggi Agama Islam (Stai) Al Ma`Arif Kalirejo Lampung Tengah


Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ma’arif  Lampung Tengah, merupakan tindak lanjut dari STAI Ma’arif Metro Lampung, dan Mulai Tanggal : 5 Januari 2005, telah membuka kelas jauh STAI Ma’arif di Kalirejo Lampung Tengah, Sesuai arahan dan berbagai pertimbangan Bapak Zaeni selaku Ketua STAI Ma’arif Metro pada Tanggal : 20 Februari 2005, maka perlunya di tunjuk Koordinator kelas jauh di STAI Ma’arif Kalirejo Sdr. Sungkowo, S.Ag, untuk melaksanakan perekrutan Mahasiswa, dikarnakan jarah tempuh STAI Ma’arif Metro Lampung dengan Kalirejo Lampung Tengah maksiml 75 Km.

Adapun untuk pelaksanaan Kegiatan Belajar Mahasiswa Kelas Jauh STAI Ma’arif Kalirejo Lampung Tengah akan ditempatkan di Gedung Madrasah Aliyah Ma’arif Kalirejo Lampung Tengah, dengan alasan mudah terjangkau oleh Mahasiswa, karana sangat berdekatan dengan Pasar Kalirejo Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah.

Namun pada Tahun 2008, dengan beredarnya Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia, yang menyatakan, Bahwa STAI Ma’arif Metro Lampung, juga berlaku untuk Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang izin Oprasionalnya di bawah Naungan Kementerian Agama RI, tidak diperkenankan untuk membuka kelas jauh, dengan demikian seluruh Mahasiswa yang ada di STAI Ma’arif Kalirejo Lampung Tengah proses Kegiatan Belajar Mengajarnya di laksanakan di Kampus STAI Ma’arif Metro Lampung.

Melihat kondisi ini, maka Sungkowo, S.Ag, berupaya mencari lokasi tanah yang berada di Kampung Kaliwungu, dan akan digunakan untuk lokasi Kampus STAI Ma’arif Kalirejo Lampung Tengah, dengan luas kurang lebih 4000 m, dengan cara saham Dosen, dan sekaligus STAI Ma’arif Kalirejo Lampung Tengah, untuk memisahkan diri dengan STAI Ma’arif Metro Lampung.

Dengan adanya lokasi Tanah Kampus yang sudah tersedia, maka Sungkowo, S.Ag, mengumpulkan beberapa Dosen di rumah  kediaman Saya (Sungkowo, S.Ag), yang dihadiri  antara lain : 

  1. Sungkowo, S.Ag, 
  2. Drs. Sugito, 
  3. Drs.Zulqurnain, 
  4. Drs. Hi. Haryono, 
  5. Drs. Hi. Warisno dan Marhani, S.Ag, 
Guna untuk membicarakan Pendirikan Yayasan, dan pada akhirnya diputuskan terbentuknya Yayasan Pendidikan Al-Ma’arif Kalirejo Lampung dengan Notaris Fahrul Rozi, SH Nomor 4 Tanggal : 3 Desember 2012, sekaligus terbentuknya pengurus yayasan Pendidikan Al-Ma’arif Kalirejo Lampung.


Adapun mengajukan Proposal Pendirian STAI Ma’arif Kalirejo Lampung Tengah, dengan Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), dapat didirikan atas dasar, STAI Ma’arif Kalirejo Lampung Tengah, dibawah Naungan Yayasan Pendidikan Al-Ma’arif Kalirejo Lampung, 

Dengan menggunakan Badan Hukum Ma’arif, dan pada akhirnya  sesuai usulan telah mendapatkan Rekomendasi izin belajar dari Kopertais VII Palembang dengan Nomor : B/189/KOP.VII/2009, dan tidak lama mendapatkan izin Operasional dari Kementerian Agama RI melalui Kasubdit Kelembagaan yang di tandatangani oleh Direktur Jendral Pendidikan Islam dengan Surat Keputusan Nomor : DJ.I/149/2012,  pada Tanggal : 31 Januari 2012, sehingga pada Tahun 2014, Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) telah ter Akreditasi dari BAN. PT. Nomor : 168//SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2014, Tanggal : 6 Juni 2014. Serta Akreditasi Institusi dari BAN. PT. Nomor : 483/SK/BAN-PT/Akred/S/PT/V/2015, pada Tanggal : 23 Mei 2015.

Dengan Struktur Pengelola STAI Al-Ma’arif  Kalirejo Lampung Tengah Tahun 2018, sebagai berikut :

JABATAN
 
NAMA
Ketua:Sungkowo, S.Ag. M.Pd.I
Puket I:Drs. Zulqurnain
Puket II:Drs. Sugito, M.Pd.I
Puket III:Dr. Hi. Warisno, M.Pd.I
Prodi PAI:Marhani, M.Pd.I
Prodi MPI:Ahmad Rifa’i, M.Pd.I
Prodi PBS:Drs. Hi. Haryono, M.Pd
Bendahara Umum:Prasetiawan, S.Pd.I
Staf Bendahara:Dra. Hj. Afidhotul Umroh, M.Pd.I
Ketua BAAK/PD.Dikti:Muhamad Qomarudinul Huda, M.Pd.I
Staf  BAAK:Umi Mukaromah Al Adawiah, S.Pd
Ka.LPMK/Emis:Nurwahyudi, M.Pd.I
UPT. PMB:Sundari Astuti, M.Pd
Ka. TU:Tulisno, S.Pd.I
Staf TU:Ilyas Rozak Hanafi, M.Pd.I
Staf TU:Susanto, M.Pd.I
Ka Perpustakaan:Rahmat  Fauzi, S.Pd.I
Ka. Lab. Komputer:Sukron Habibi, S.Kom
Scurity:Heru Wibowo
Office Boy:Jemingan
Juru Kebun:Marzuki

Dan pada Tahun Akademik 2017/2018 telah dibuka Program Studi baru, yaitu : Prodi Managemen Pendidikan Islam (MPI) dan Prodi Perbankan Syari`ah dengan Surat Keputusan Izin Penyelenggaraan Nomor : 1802 Tanggal : 27 Maret 2017.

Adapun Tahun 2018 ini, telah terkondisikan Kegiatan Perkuliahan sebagai berikut :
Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) telah menyelenggarakan kegiatan pembelajaran serta meluluskan 4 Kali Wisuda.

Untuk saat ini Prodi Managemen Pendidikan Islam (MPI) dan Prodi Perbankan Syari`ah (PBS) telah menyelenggarakan kegiatan pembelajaran sampai semester III.

Demikian Profil Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Ma`arif Kalirejo Lampung Tengah, mudah – mudahan bermanfaat bagi Pembaca, Masyarakat dan Mahasiswa.

0 Response to "Profil Sekolah Tinggi Agama Islam (Stai) Al Ma`Arif Kalirejo Lampung Tengah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel