Panduan Skripsi Yang Wajib Diketahui Setiap Mahasiswa Mahasiswa



Panduan skripsi ini membantumu cepat menyelesaikan kuliah. Dengan paham aturan skripsi, kita tidak perlu bolak-balik melakukan revisi. Apalagi jika mendapat dosen pembimbing yang sulit ditemui. Pasti juga tidak mau kan, dicoret sana-sini cuma karena salah tanda baca.

Di panduan ini, Tim Editor Kampuspendidikan.com akan menjelaskan mulai dari definisi skripsi, perbedaannya dengan tugas akhir, jenis skripsi hingga struktur dan contoh judul skripsi Bahasa Indonesia serta Bahasa Inggris.

Pengertian skripsi
Skripsi adalah karya tulis ilmiah hasil penelitian mahasiswa sarjana S1 (strata satu) yang membahas sebuah fenomena tertentu sesuai kaidah atau aturan yang berlaku. Istilah skripsi hanya digunakan di Indonesia, sedangkan di luar negeri, skripsi disebut dengan istilah undergraduate thesis.

Perbedaan skripsi dengan tugas akhir
Perbedaan skripsi dengan tugas akhir terletak pada struktur penulisannya. Umumnya, struktur penulisan tugas akhir hanya sampai kajian pustaka atau analisa kualitatif, sedangkan pembuatan skripsi melibatkan survei atau penelitian lapangan.

Secara fungsi, skripsi berguna sebagai syarat kelulusan mahasiswa sarjana S1, sedangkan tugas akhir (TA) digunakan untuk syarat lulus mahasiswa jenjang diploma (D3/D4).

Jenis metode penelitian pada skripsi
Ada dua metode penelitian dalam penulisan skripsi, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Perbedaan skripsi kualitatif dan kuantitatif terdapat pada data yang digunakan dan cara menganalisanya. Keduanya bisa digunakan untuk skripsi jurusan apapun.


1. Skripsi kuantitatif
Skripsi kuantitatif menggunakan survei atau kuesioner yang disebar ke subjek penelitian sebagai metode penelitiannya. Setelah data selesai dikumpulkan, perhitungan matematika dilakukan untuk mendapatkan kesimpulan. Umumnya, skripsi kuantitatif juga menggunakan software dalam mengolah data, contohnya SPSS.


2. Skripsi kualitatif
Skripsi kualitatif menggunakan metode wawancara atau observasi secara mendalam ke subjek penelitiannya. Karena penelitian skripsi kualitatif tidak menggunakan perhitungan matematika, biasanya, proses pengumpulan datanya memerlukan waktu lama demi hasil analisa yang akurat.


Kuantitatif vs kualitatif, mana yang lebih mudah?
Mudah tidaknya metode kuantitatif dan kualitatif ditentukan oleh subjek penelitian dan hipotesis yang ingin dibuktikan. Namun, yang paling menentukan adalah minat mahasiswa/penulisnya.

Penelitian kuantitatif cocok untuk mahasiswa yang menyukai bidang ilmu eksak, melakukan perhitungan survei dan bereksperimen.

Penelitian kualitatif cocok bagi mahasiswa yang menyukai ilmu sosial, melakukan wawancara, menjalankan pengamatan dan menganalisa.

Panduan format halaman skripsi
Format halaman penulisan skripsi dapat berbeda di setiap universitas, namun pada umumnya menggunakan aturan penulisan berikut:


  1. Kertas ukuran A4
  2. Margin atas: 4 cm
  3. Margin bawah: 3 cm
  4. Margin kiri: 4 cm
  5. Margin kanan: 3 cm
  6. Spasi paragraf untuk Abstraksi: 1
  7. Spasi paragraf: 1,5
  8. Jenis huruf: Times New Roman
  9. Ukuran huruf paragraf: 12 px
  10. Ukuran huruf judul Bab: 14 px, bold, huruf kapital
  11. Ukuran huruf sub-judul: 12 px, bold



Struktur skripsi
Berikut panduan penulisan skripsi yang umumnya digunakan untuk metode kuantitatif dan kualitatif:

Panduan skripsi kuantitatif
Struktur skripsi kuantitatif terbagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian awal, utama dan akhir:

Bagian awal
Bagian ini berisi informasi antara lain:

Halaman sampul luar
Memuat judul skripsi, logo universitas, nama lengkap dan nomor induk mahasiswa, serta identitas institusi secara berurutan. Identitas institusi berisi nama program studi, fakultas, nama universitas, nama kota, dan yang terakhir adalah tahun diselesaikannya skripsi.

Halaman judul
Halaman judul kurang lebih sama dengan sampul luar, hanya saja halaman judul dicetak dalam kertas putih biasa, bukan hardcover seperti halaman sampul luar.

Surat pernyataan keaslian penelitian
Berisi pernyataan bahwa peneliti yang bersangkutan benar-benar melakukan penelitiannya sendiri tanpa adanya upaya penjiplakan atau pemalsuan dan manipulasi data. Jika terbukti melakukan upaya-upaya tersebut, peneliti harus menerima risiko yaitu dicabutnya gelar kesarjanaan. Pernyataan ini juga dilengkapi dengan materai Rp6.000 dan tanda tangan peneliti di atas materai.

Halaman persetujuan
Disebut juga sebagai surat pengantar dari dosen pembimbing kepada dekan yang menyatakan bahwa skripsi tersebut sudah memenuhi persyaratan untuk diuji dalam sidang nantinya.

Halaman pengesahan
Berisi tanggal pelaksanaan ujian, nama peneliti, juga tanda tangan ketua program studi dan dewan penguji.

Kata pengantar
Halaman ini memuat ucapan terima kasih pada pihak yang dirasa membantu terselesaikannya penulisan skripsi tersebut. Agar kamu tidak salah menulis bagian ini, baiknya kamu pelajari contoh kata pengantar sebelumnya.


  • Daftar isi
  • Daftar tabel
  • Daftar gambar
  • Daftar lampiran
  • Abstrak

Bagian ini berisi intisari dari penelitian yang dibuat. Hal-hal yang harus ada dalam intisari antara lain: tujuan penelitian, subjek, hipotesis, juga metode dan hasil penelitian. Umumnya, panjang abstrak tak lebih dari 200 kata.

Bagian utama
Bagian ini merupakan bagian inti dari penelitian yang kamu kerjakan dan harus memuat hal-hal berikut ini:

Pendahuluan
Bagian-bagian yang harus ada pada bab pendahuluan adalah:

  • Latar belakang masalah
  • Tujuan penelitian
  • Manfaat penelitian
  • Landasan teori

Berisi daftar teori apa saja yang digunakan untuk memecahkan rumusan masalah. Pada bagian ini, peneliti bisa menuliskan hipotesis yang diambil.

Metode penelitian
Metode penelitian memuat enam hal pokok, yaitu:

  1. Identifikasi variabel penelitian,
  2. Definisi operasional variabel penelitian,
  3. Populasi dan sampel penelitian,
  4. Metode dan alat pengumpulan data,
  5. Validitas, seleksi item dan reliabilitas alat ukur,
  6. Metode analisis data.

Pelaksanaan, hasil penelitian, dan pembahasan
Orientasi kancah dan persiapan
Orientasi kancah : Orientasi kancah berisi informasi tentang penelitian yang dilakukan seperti lokasi penelitian, subjek penelitian, juga keadaan lingkungan sekitarnya yang tidak dapat disajikan dalam tabel.

Persiapan : Bagian ini memuat tentang segala informasi mengenai persiapan penelitian mulai dari persiapan administrasi sampai persiapan modul.

Pelaksanaan penelitian : Tentu saja bagian ini berisi laporan pelaksanaan penelitian. Di dalamnya, peneliti dapat menuliskan tentang tanggal pelakasanaan dan keadaan subjek selama penelitian berlangsung.

Hasil penelitian : Hasil penelitian berisi laporan analisis data yang berhasil didapatkan dari penelitian. Data ini biasanya disajikan dalam tabel beserta penjelasannya di bawahnya.

Pembahasan: Pada bagian ini, peneliti harus bisa menjabarkan penjelasan mengenai hasil temuan data yang dianalisis menggunakan teori-teori yang telah ditetapkan sebelumnya.

Kesimpulan dan saran : 
Berisi kesimpulan penelitian beserta saran untuk peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian dengan subjek serupa misalnya.

Bagian akhir : Pada bagian ini, peneliti bisa menyelipkan daftar pustaka dan lampiran-lampiran lain yang berkaitan dengan penelitian.

0 Response to "Panduan Skripsi Yang Wajib Diketahui Setiap Mahasiswa Mahasiswa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel