Cara Ganti Akun Admin dan Akun PTK Dapodik Terbaru



Aplikasi dapodik 2021 sekarang terjadi banyak perubahan. Yang sangat mendasar adalah verifikasi akun admin dapodik dan PTK. Diperlukan verifikasi akun dapodik baik admin maupun PTK agar akun (baca: email) tersebut benar-benar aktif atau digunakan.

Lalu, bagaimana cara mengganti akun admin dan PTK pada aplikasi dapodik 2021?
Kunjungi situs https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/ yang kadang susah diakses. Agar mudah diakses gunakan waktu senggang. Pintar-pintar dalam memilih waktunya. Setelah berhasil mengakses situs tersebut, login dengan akun admin dapodiknya.

Pertama kali akan muncul tampilan seperti ini.
Kalau memang muncul seperti gambar di atas, jangan langsung klik verifikasi akun tetapi klik tanda silang di pojok kanan atas. Kalau memang email admin dapodik itu tidak aktif, maka harus diganti dengan yang aktif. Hal ini untuk melihat kode verifikasi yang dikirim oleh sistem ke email admin tersebut.

Tapi kalau memang emailnya masih aktif yang langsung saja klik verifikasi akun, dan jangan ikuti tulisan yang ada di sini.

Untuk mengganti akun admin dapodik apabila tidak aktif, maka Anda harus pergi ke menu akun. Selanjutnya pilih admin pada daftar pilihan jenis akun. Lalu, klik tampilkan.

Pastikan seperti pada gambar di atas dan klik tampilkan. Nah, proses ini akan menampilkan akun admin dapodik Anda. Jika akan menggantinya, klik tanda pensil pada bagian kanan.

Ganti email yang baru pada kotak username, jika password-nya ingin diganti juga silakan. Bisa juga dengan password yang pernah digunakan sebelumnya agar mudah diingat.

Jika sudah, klik UPDATE, tunggu beberapa saat dan logout lalu login kembali yang nantinya akan ada tampilan verifikasi email lagi.

Pada tahapan verifikasi email, karena sudah mengganti email yang baru, maka klik verifikasi akun. Tunggu beberapa saat dan lihat kotak pesan email yang baru tadi. Salin kode verifikasi pada kolom kode verifikasi yang ada di situs https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/ tadi dan klik lanjutkan

Pada tahapan verifikasi akun admin dapodik, jika Anda belum melakukan registrasi pada aplikasi dapodik di laptop Anda, maka lakukan dengan registrasi online. Masukkan email dan password admin yang terbaru, yang baru saja diganti jika memang diganti. Pastikan juga koneksi internetmu lancar jaya. Jika tidak lancar coba pinjem tetangga.

Itulah cara mengganti akun admin dapodik, sementara untuk cara mengganti akun PTK adalah alurnya sama persih. Jika ingin verifikasi akun menggunakan alamat https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/

0 Response to "Cara Ganti Akun Admin dan Akun PTK Dapodik Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel