Jadwal Tes SKB CPNS Formasi 2019 Akan dilaksanakan pada Agustus-September 2020


Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana selaku Ketua Pelaksana Panselnas mengatakan bahwa penetapan jadwal SKB CPNS Formasi Tahun 2019 diperkirakan pada Agustus – September 2020, setelah pelaksanaan SKD Dikdin 2020 pada Juli 2020 dilakukan.

Untuk lokasi dan jadwal ujian dapat dilihat di https://sscndata.bkn.go.id/ujian

“Jika SKD Dikdin 2020 terlaksana sesuai jadwal yang ditetapkan, yakni pada Juli 2020, maka jadwal SKB CPNS Formasi Tahun 2019 diperkirakan dapat berlangsung pada Agustus – September 2020. Namun perlu ditekankan bahwa realisasi jadwal yang disusun Panselnas ini bergantung pada penetapan status kedaruratan Covid-19. Untuk itu, selain menunggu persetujuan Presiden terhadap jadwal yang ditetapkan tersebut, Panselnas juga mempertimbangkan rekomendasi dari Gugus Tugas Pandemi soal status darurat Covid-19,” terang Bima.

Dari aspek kesiapan infrastruktur pelaksanaan tes, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen memaparkan soal antisipasi metode pelaksanaan seleksi dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) bila digelar di masa pandemi Covid-19. Suharmen menyebutkan bahwa BKN saat ini terus melakukan uji coba atau stress testing sistem CAT online sebagai antisipasi pelaksanaan SKD Dikdin Tahun 2020 dan SKB CPNS Formasi Tahun 2019.

Materi SKB
Materi SKB untuk jabatan fungsional disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional selanjutnya diintegrasikan ke dalam bank soal CAT BKN.

Lalu, materi SKB untuk jabatan pelaksana yang bersifat teknis dapat menggunakan soal SKB yang bersesuaian atau masih satu rumpun dengan jabatan fungsional terkait.

Pelaksanaan dan materi SKB di instansi pusat selain dengan CAT, dapat pula berupa:
  1. Tes potensi akademik
  2. Tes praktik kerja
  3. Tes bahasa asing
  4. Tes fisik atau kesamaptaan Psikotes, 
  5. Tes kesehatan jiwa, 
  6. dan/atau Wawancara
Hal tersebut sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh jabatan, dengan paling sedikit 2 jenis atau bentuk tes. Jika instansi menetapkan terdapat materi SKB yang menggugurkan, harus diinformasikan atau dicantumkan dalam pengumuman pendaftaran di masing-masing instansi.
  • Download Materi Pembahasan Soal CPNS KLIK DISINI
  • Download Contoh Soal TWK, TIU, TKP beserta Kunci Jabawan KLIK DISINI
  • Download Contoh soal CPNS Tata Negara KLIK DISINI
  • Download Contoh soal CPNS Falsafah Idiologi KLIK DISINI
  • Download Contoh soal CPNS Sejarah Nasional Indonesia  KLIK DISINI
  • Download Contoh soal CPNS Pengetahuan Umum  KLIK DISINI
  • Download Contoh soal CPNS Bahasa Indonesia KLIK DISINI
  • Download Contoh soal CPNS Bahasa Inggris KLIK DISINI
  • Download Contoh soal CPNS Antonim ( lawan kata ) KLIK DISINI
  • Download Contoh soal CPNS Padana Kata KLIK DISINI
  • Download Contoh soal CPNS Aroitmatik KLIK DISINI
  • Download Contoh soal CPNS Logika Angka KLIK DISINI
  • Download Contoh soal CPNS Logika Formil KLIK DISINI
Terlepas dari itu semua untuk lulus CPNS tentunya harus punya persiapan diri, yaitu menguasai materi yang akan diujiankan nantinya. Nah untuk itu kami disini akan membagikan untuk Anda Soal CPNS yang mana nantinya bisa Anda jadikan bahan belajar untuk mendalami materi Anda.

Untuk mengunduh file soal tes cpns silahkan klik link download di bawah ini :
Untuk Langsung Coba Kemampusn Tes CPNS Online Silahkan Klik DI SINI

“Dari sisi pelaksanaan secara teknis, kami sudah mencoba antisipasi metode tes pelaksanaan SKB CPNS 2019 dan SKD Dikdin 2020. Salah satu yang sudah dilakukan uji coba adalah pelaksanaan ujian CAT pada seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Kementerian Agama dengan menggunakan metode CAT Online pada 12 Mei 2020 lalu. BKN juga terus melakukan pemutakhiran secara sistem dan teknologi untuk pelaksanaan seleksi secara massal di masa pandemi Covid-19 seperti ini,” jelas Suharmen. des/nsp

0 Response to "Jadwal Tes SKB CPNS Formasi 2019 Akan dilaksanakan pada Agustus-September 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel