Cara Pembuatan SKCK Online

Hasil gambar untuk Cara Pembuatan SKCK Online
Sekarang, salah satu cara membuatnya bisa dengan online lebih mudah dan praktis. Walaupun nantinya, untuk verifikasi juga memerlukan dokumen-dokumen dalam bentuk fotokopi saat pengambilan di Polres setempat.

Berikut ini dokumen-dokumen yang diperlukan:


  • KTP asli (Scan)
  • Kartu Keluarga (KK) asli (Scan)
  • Akta Kelahiran (Scan)
  • Foto diri 4×6 dengan latar merah siapkan 6 lembar (Scan)
  • Paspor bagi warga Negara Indonesia yang akan keluar negeri dalam rangka kunjungan, sekolah, atau untuk keperluan penerbitan Visa (Scan)


Untuk ketentuan pengambilan melalui online, jika pendaftaran online dilakukan sebelum pukul 08.00, maka surat tersebut dapat diambil di loket pelayanan sampai dengan pukul 14.00 di hari yang sama sambil menunjukan kode registrasi serta dokumen-dokumen yang diperlukan.

Untuk batas waktu pengambilan selambat-lambatnya tiga hari sejak dilakukan pendaftaran online. Hindari melebihi waktu yang telah ditentukan, maka pemohon harus melakukan pendaftaran ulang lagi.

Tahap Membuat Secara Online

  1. 1. Kunjungi situs skck.polri.go.id kemudian pilih menu formulir online, kemudian Klik Next Step.
  2. Anda akan ada di halaman pengisian dara pribadi (Nama, NIK, wilayah Polres, hingga bagian paling akhir perintah upload foto).
  3. Berikutnya, isi nama ayah dan ibu kandung, alamat domisili, pekerjaan, dan nama saudara kandung.
  4. Selanjutnya data tentang pendidikan (nama sekolah, kota, serta tahun lulus sekolah)
  5. Pada tahapan ini, ada pertanyaan mengenai pernahkah Anda terlibat tindak pidana atau tidak. Isi dengan lengkap lebih dahulu, baru kemudian klik next.
  6. Isi dengan jujur mengenai alasan Anda ingin membuatnnya, nanti akan ada pilihannya pendidikan, pekerjaan, dan yang lainnya. Isi terlebih dahulu baru kemudian klik next.
  7. Tiba pada tahap terakhir, setelah semua tahap pada halaman pengajuan surat sudah selesai selanjutnya klik kirim data untuk proses pembuatan oleh sistem.
  8. Anda akan mendapatkan kode atau nomor registrasi, yang nantinya untuk dibawa ke loket Polsek atau Polres untuk ditukarkan dengan SKCK aslinya. Catat dengan baik nomor ini.


Dokumen untuk syarat pengambilan rumus sidik jari.


  • Fotokopi KTP sebanyak 1 lembar
  • Foto depan ukuran 4×6 dengan latar merah 2 lembar
  • Foto tampak samping kiri ukuran 4×6 dengan latar merah 1 lembar
  • Foto tampak samping kanan ukuran 4×6 dengan latar merah 1 lembar
  • Melengkapi form sidik jari (nama, bentuk wajah, rambut, dan ciri fisik)


Lalu, ketika sudah selesai semua proses pengambilan rumus sidik jari, Anda bisa lakukan pembayaran di loket sebesar Rp30.000,00.

0 Response to "Cara Pembuatan SKCK Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel