Cara Cepat Pengisian Kuisioner PMP 2019 Secara Daring (Online)

pengisian kuisioner Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) sekolah dilaksanakan secara daring (online). Jika di tahun sebelumnya operator sekolah harus menginstal aplikasi PMP di laptop yang juga terdapat apliksi dapodik, sekarang semua laptop atau komputer bisa mengakses portal PMP daring. Artinya pekerjaan tidak terpusat pada satu laptop, tapi bisa dilakukan bersama-sama oleh semua responden dalam satu waktu. 

Sisi positinya tentu saja hal ini akan mempercepat pekerjaan karena tidak harus dikerjakan di laptop yang berdapodik saja. Sisi negatifnya, karena server PMP kurang besar kapasitasnya, akses untuk pengerjaan PMP online sering lelet dan bahkan tidak bisa dikerjakan sama sekali. Hal ini harus jadi perhatian admin PMP pusat agar tidak menjadi kendala bagi sekolah untuk pngerjaan PMP.

Cara pengisian kuisioner PMP daring pada prinsipnya sama saja dengan pengisian secara ofline di aplikasi PMP tahun-tahun sebelumnya. Perbedaannya, kalau dulu pengisian bisa dilakukan secara ofline (tak terhubung jaringan internet kecuali untuk kirim data), sekarang harus selalu terhubung dengan internet. 

Cara Pengisian Kuisioner PMP Secara Daring

1. Buka alamat Portal PMP daring di : http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id:1745/login/index.html .
2. Login dengan menggunakan user id dan password sekolah (Jika password terbaru tidak bisa login, gunakan password dapodik). Jika user id dan password benar, halaman PMP daring akan terbuka. Secara default, halaman yang terbuka adalah halaman beranda dengan penggua operator sekolah.
3. Untuk pindah pengguna ( guru, siswa atau komite), pilih menu pengaturan. Kemudian pilih menu Tukar Pengguna. Klik panah kecil di kolom sebelah kanan jenis responden.
4. Pilih jenis responden (guru, siswa, komite). Selanjutnya klik panah di ujung kanan kolom nama responden yang terpilih. Jika nama responden tidak terbaca karena ada di sebelah bawah, skrol halaman ke bawah,
5. Klik menu Perangkat Kuisioner.
6. Selanjutnya klik Rincian,
7. Setelah Klik di panah kecil yang ada di sebelah kanan rincian kuisioner untuk menampilkan soal kuisioner.
8. Jawab kuisioner yang tampil di halaman, scrol ke bawah untuk menampilkan pertanyaan lainnya. Jika semua pertanyaan di halaman atau bagian tersebut selesai dijawab, klik simpan. Klik panah di sebelah kanan menu simpan untuk menampilkan kuisioner bagian berikutnya.
9. Demikian seterusnya sampai semua kuisioner selesai dikerjakan. Pengerjaan kuisioner bisa ditunda dan dikerjakan di lain waktu jika ada keperluan lain atau merasa lelah. Jika ingin keluar dari PMP daring, klik nama responden di sebelah kanan atas jendela aplikasi, kemudian pilih keluar.


Laporan Dan Saran

Sebagaimana prediksi, ternyata perilisan PMP daring banyak menimbulkan masalah bagi pengguna. Lelet, susah login, loadingnya lama, guru tidak muncul, siswa tidak muncul dan lain-lain adalah sebagian masalah yang ditemukan di aplikasi PMP daring. 
Solusinya? Sebagai pengguna, admin sendiri tidak punya solusi karena permasalahan ada pada server PMP yang mungkin kurang representatif untuk penggunaan banyak pengguna. Satu-satunya cara agar semua keluhan di dengar, mari kita laporkan keluhan tersebut ke admin PMP.

Cara melaporkan masalah PMP:

1. Login ke PMP daring
2. Klik menu laporan dan saran
3. Tulis permasalahan yang ditemui dalam pengisian PMP dan kirim.

Ayo kita laporkan rame-rame perasalahan yang muncul agar didengar oleh admin PMP pusat!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel