Lowongan CPNS Lulusan SMA/SMK Tahun 2019? Cek Infonya di Sini!

Bagi Anda yang ingin jadi PNS namun hanya lulusan SMA/SMK dan yang sederajat, tak perlu berkecil hati, lantaran lowongan CPNS lulusan SMA/SMK juga dibuka.


Sebagaimana CPNS 2018 lalu, ada beberapa kementerian yang membuka formasi untuk SMA/SMK dan yang sederajat.

Pengumuman rekrutmen CPNS 2019 sendiri baru akan diumumkan akhir Oktober 2019. BKN menyebutkan, jumlah formasi CPNS 2019 yang disediakan hanya 197.111 saja.

Dari jumlah itu, sebanyak 37.854 formasi disediakan untuk kementerian atau lembaga negara. Sementara untuk pendaftaran CPNS di daerah disediakan 159.257 formasi.

Sementara itu, tes CPNS memang umumnya didominasi oleh sarjana atau lulusan S1 dan sederajat. Namun, berkaca pada tes CPNS 2018 lalu, 4 kementerian/lembaga menyediakan lowongan CPNS lulusan SMA/SMK.

Berikut 4 kementerian yang membuka lowongan CPNS lulusan SMA/SMK dan yang sederajat pada 2018 lalu:
Kemenkumhan (Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia)

Kemenkumham membuka seleksi CPNS untuk 2.000 formasi pada tes CPNS 2018 lalu. Dari formasi tersebut, lulusan SMA/SMK dan yang sederajat paling dibutuhkan.

Total Kemenkumham membutuhkan 878 orang lulusan SMA/SMK pada CPNS 2018 lalu. Dari total 878 orang tersebut, lowongan CPNS lulusan SMA/SMK untuk wanita sebanyak 211 orang, pria 633 orang, dan untuk putra/putri dari Papua ada 34 orang.

Kejagung (Kejaksaan Agung)

Pada tahun 2018 lalu, Kejagung membuka lowongan untuk 896 formasi dari berbagai lulusan. Dari total lowongan tersebut, ada 309 lowongan CPNS lulusan SMA/SMK dan yang sederajat.

Lulusan SMA/SMK tersebut dibutuhkan Kejagung untuk mengisi jabatan sebagai pengawal narapidana maupun tahanan.

Basarnas (Badan SAR Nasional)

Tes CPNS 2018 lalu, Basarnas menyediakan lowongan untuk 176 formasi. Sebanyak 25 formasi diantaranya dikhusukan bagi para pelamar lulusan SMA/SMK dan yang sederajat.

Untuk lulusan SMA biasanya diminta persyaratan khusus. Hal ini karena para pelamar yang mendaftar bakal ditempatkan sebagai ABK (Anak Buah Kapal).

Lowongan CPNS lulusan SMA di Basarnas untuk mengisi posisi sebagai Juru Mudi, Juru Mintak, Kelasi, Masinis, dan Mualim Kapal.

Bagi lulusan SMA yang akan melamar posisi tersebut, Basarnas meminta peserta melampirkan sertifikat keahlian. Sertifikat tersebut disesuaikan dengan kualifikasi pendidikan pada jabatan yang akan dilamar.

Sertifikat yang dimaksud, misalnya karena ditempatkan sebagai ABK, maka Basarnas meminta sertifikat keahlian berenang. Walaupun peserta bisa berenang, namun hal itu perlu dibuktikan dengan dokumen resmi, yakni sertifikat berenang.

Selain membuka lowongan CPNS lulusan SMA, Basarnas juga membuka lowongan untuk lulusan SMK, namun khusus bagi lulusan dari SMK jurusan Pelayaran Teknik. Nantinya lulusan SMK Pelayaran Teknik ini akan mengisi posisi sebagai Markonis.

Kemensos (Kementerian Sosial)

Pada CPNS 2018 lalu, Kemensos membuka lowongan untuk 210 formasi. Sebanyak 20 formasi untuk mengisi jabatan sebagai pekerja sosial pemula. Jabatan ini dikhusukan untuk mereka yang lulus SMK jurusan Pekerjaan Sosial/Keperawatan Sosial.

Itulah Kementerian dan Lembaga yang menyediakan lowongan CPNS lulusan SMA/SMK. Selanjutnya, bagi Anda yang ingin melamar, siapkan juga dokumen yang dibutuhkan untuk daftar CPNS 2019.

Dokumen CPNS 2019 yang diperlukan untuk mendaftar adalah Fotokopi KTP, Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai, jangan lupa untuk melegalisir keduanya terlebih dahulu.

Terakhir surat keterangan akreditasi dari BAN PT juga perlu disiapkan oleh pelamar CPNS 2019 tenaga profesional. Selain itu, siapkan juga pas foto terbaru berukuran 4×6 cm sebanyak 4 lembar dengan latar belakang foto menggunakan warna merah.

Sementara, bagi yang ingin mengisi lowongan CPNS lulusan SMA/SMK dan yang sederajat, termasuk juga lulusan DIII, akan diminta untuk melengkapi dokumen tambahan, diantaranya, materai Rp 6.000, fotocopy KTP, fotocopy ijazah/STTB yang terdiri dari iajazah SD, SMP, dan SMA.

Baca Juga: Intip Kisi-kisi Soal Tes CPNS 2019 di Sini, Resmi dari BKN

Jangan lupa juga siapkan dokumen-dokumen penting yang perlu disiapkan tersebut dari sekarang agar saat tiba pengumuman resmi dari BKN, Anda sudah benar-benar siap mengikuti seleksi CPNS 2019.

Bagaimana dengan tahapan seleksi CPNS 2019?
Bagi Anda yang ingin mengisi lowongan CPNS lulusan SMA/SMK, Anda juga akan mengikuti tahapan seleksi CPNS 2019. Pertama, Anda bisa menunggu Pengumuman Pendaftaran CPNS 2019 yang akan dibuka pada akhir Oktober 2019. Beberapa sumber menyebutkan, pengumuman tersebut bakal dibuka pada 25 Oktober 2019.

Pendaftaran CPNS 2019 yang dilakukan secara online melalui portal SSCASN (Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara), baru akan dimulai pada bulan November 2019.

Pengumuman tahaf awal, yakni hasil seleksi pendaftaran administrasi CPNS 2019 bakal dibuka pada bulan Desember 2019.

Selanjutnya, ada yang disebut Masa Sanggah yang akan dilaksanakan pada bulan Januari 2020.

Pengumuman jadwal SKD (Seleksi Kompetisi Dasar) akan dilaksakan pada Januari 2020. Sementara untuk pelaksanaan SKD sendiri akan digelar pada bulan Februari 2020.

Kemudian untuk pengumuman hasil SKD akan dijadwalkan pada bulan Maret 2020.

Jadwal seleksi CPNS 2019 selanjutnya adalah pengumuman jadwal Seleksi Kompetisi Bidang (SKB) yang akan dibuka pada bulan Maret 2020. Konon tes SKB ini yang paling menentukan dalam tes CPNS 2019.

Berikut ini adalah syarat wajib yang akan di unggah dalam pemberkasan bagi pelamar CPNS, Download aja di bawah ini :
Materi Bank Soal CPNS 2019 TKD terdiri atas:

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Soal CAT CPNS Tes Wawasan Kebangsaan merupakan bagian dari Tes Kompetensi Dasar yang akan diujikan bagi para peserta seleksi cpns untuk menilai peserta cpns dalam penguasaan pengetahuan dan kemampuan dalam mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia dengan jumlah soal sebanyak 35 soal, Unduh Soal Latihan TWK Klik Di Sini

2. Tes Intelejensi Umum (TIU)

Soal CAT CPNS Tes Intelejensi Umum (TIU) merupakan tes untuk meningkatkan intelegensi para peserta ujian cpns dalam analisa numerik, verbal serta berpikir logis dan analitis dengan jumlah soal sebanyak 30 soal Klik Di Sini

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Soal CAT CPNS Tes Karakteristek Pribadi (TKP) merupakan sebuah tes psikologi yang meneliti jenis dan karakter kepribadian para peserta cpns dalam berbagai aspek, termasuk aspek kognitif dan aspek emosi, dengan jumlah soal sebanyak 35 soal Klik Di Sini 

  1. Download Soal CPNS 1 Klik Di Sini
  2. Download Soal CPNS 2 Klik Di Sini
  3. Download Soal CPNS 3 Klik Di Sini
  4. Download Soal CPNS 3 Klik Di Sini
  5. SIMULASI CAT ONLINE Gratis Klik Di Sini
Demikian yang dapat saya bagikan semoga dapat bermanfaat,

Pada bulan Maret 2020 juga dilaksakan tes SKB. Tahapan selanjutnya adalah integrasi nilai hasil SKD dan SKB yang akan dilaksanakan pada April 2020.

Jadwal seleksi CPNS 2019 akan berakhir pada April 2020, bISA CEK DISINI

Itulah lowongan CPNS lulusan SMA/SMK dan yang sederajat pada tahun 2019. Bagi Anda yang ingin melamar CPNS, jangan lupa untuk menyiapkan dokumen dokumen penting yang dibutuhkan untuk melamar ya Semoga kamu beruntung. (Ndu/R7/HR-Online)

Referensi : infoasn.id ,

0 Response to "Lowongan CPNS Lulusan SMA/SMK Tahun 2019? Cek Infonya di Sini!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel