-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Dan Syarat Pindah Mengajar Atau Mutasi Guru Ke Sekolah Lain

Syarat Mutasi Guru 2022 - Banyak kasus pengajar yang ingin pindah sekolah mengajar dikarenakan satu dan lain hal, menjadikan pengajuan mutasi sebagai jalur utama dalam penyelesaian masalahnya. Namun hal tersebut dapat berdampak buruk kepada sekolah yang ditinggalkan, karena akan kekurangan tenaga pengajar. Jalan terbaik yang bisa dilakukan adalah mencari guru untuk di ajak tukar tempat bekerja. Maka, apa saja yang diperlukan dalam pengajuan pemindahan?

Alur Dan Syarat Pindah Mengajar Atau Mutasi Guru Ke Sekolah Lain

Prosedur dan Kelengkapan yang perlu dipersiapkan PNS / Non PNS yang  mengajukan permohonan pindah secara terstruktur ke Instansi yang dituju/menerima, Apabila Instansi yang dituju membutuhkan pegawai dan setuju dengan pengajuan tersebut, maka Pejabat Pembina Kepegawaian yang dituju menghubungi ( Secara Tertulis ) kepada Pejabat Pembina Kepegawaian asal, untuk meminta persetujuan, Karena disetujui untuk pindah, maka Pejabat Pembina Kepegawaian Instansi asal membuat surat pernyataan persetujuan, Berdasarkan pernyataan persetujuan tersebut, Instansi yang menerima/ membutuhkan usul pindah antar Instansi dengan melampirkan :
  • Surat permintaan persetujuan Instansi yang menerima.
  • Surat pernyataan persetujuan dari Instansi asal.
  • Surat keputusan pangkat atau jabatan terakhir.
  • Nota Usul surat pengantar usul pindah Instansi diajukan oleh Instansi yang menerima, dan ditujukan kepada Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat/Kantor Regional BKN sesuai dengan wilayah kerjanya.
  • Nota Usul surat pengantar usul pindah Instansi diajukan oleh Instansi yang menerima, dan ditujukan kepada Dinas Kemenag Atau Dinas Setempat.
Beikut Berkas Mutasi Guru Yang Perlu Di Lampirkan permohonan mutasi yang harus dilengkapi guru :

1. Surat Permohonan
2. Rekomendasi Kepala Sekolah
3. Data Nominatif dan Formasi Guru
4. Daftar Riwayat Hidup (DRH)

Akan terjadi perubahan syarat jika dalam mutasi dilakukan antar kabupaten atau provinsi dengan pemberlakuan tes. 
 
Sekian artikel mengenai Cara Dan Syarat Pindah Mengajar Atau Mutasi Guru Ke Sekolah Lain, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu teman semuanya!.

Post a Comment for "Cara Dan Syarat Pindah Mengajar Atau Mutasi Guru Ke Sekolah Lain"