Cara Mudah Penggunaan Aplikasi DHGTK

Bapak Ibu Yang saya Hormati,,kini Aplikasi DHGTK tidaklah lagi heran di benak kita, tuntutan kewajiban bagi kita untuk menjalani kewajiban sebagai Guru maupun Tenaga Kependidikan banyaklah kesulitan dalam menjalankan Aplikasi DHGTK ini, menurut Bapak Ibu Apakah terlalu sulit untuk menjalankan kewajiban DHGTK ini, memang jika dijalani dengan sedikit pengetahuan sangatlah susah bagi kita, sedikit cara yang akan saya utarakan kali ini mengenai Cara Penggunaan Aplikasi DHGTK yang wajib kita lakukan Setiap Harinya,
Ok langsung saja tidak perlu bicara panjang lebar, yang perlu kita siapkan dalam hal ini adalah:

1.           Komputer/Leptop
2.           Modem yang ada Kuota buat Login Server
3.           Kemudia Secangkir Kopi atau Air Putih Biar Fikiran Adem Ayem, Hehehe

Ok pertama Bapak Ibu Masuk menggunakan Browser Kemudian Masuk Alamat

1.           http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/

2.           http://223.27.144.195:2017/index.php

A.        Gambar Tampilan Awal 

B.   Kemudian Login Sekolah


Stelah Login Akan Muncul Tampilan Baru Seperti Di Bawah Ini


Pada saat akan Login maka yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut. :
Mengisi/Membuat Kalender Sekolah, Klik Kalender, setelah klik kalender maka akan muncul gambar seperti ini..


Misalnya membuat tanggal 1 Januari 2018 itu Libur maka tahapannya adalah sebagai berikut.


Setelah terisi Jenis Libur, dan Mulai Tanggal-Sampai Tanggal, maka tulis Keterangan liburnya. Tahapan berikutnya Klik Simpan dan Ok. Maka akan tampil seperti pada gambar berikut.

Jika mau membuat kalender sekolah lainnya maka tahapan pembuatannya sama dengan poin 1-2 di atas
Pada pembuatan kalender ada perintah Tambah Baru, Hapus Semua, dan Tampilkan Template. Fungsi dari masing-masing tab tersebut adalah: Tambah baru à untuk membuat kalender yang baru.
Hapus semuaàuntuk menghapus seluruh kalender sekolah yang telah dibuat.
Tampilkan Template itu dibuat oleh Operator Dinas Prov/Kab/Kota Kalender ini berfungsi untuk menandai hari kerja dan libur pada absen/ saat mengisi kehadiran.
Mengisi Kehadiran Klik Menu “Kehadiran”, maka akan Muncul gambar seperti dibawah ini :


Setelah melihat tampilan seprti gambar diata, maka yang harus di lakukan adalah sebagai berikut : oh iya Langsung menuju ke informasi kehadiran


Pilih semester yang berjalan


Kemudian Pilih Bulan yang berjalan saat ini. Memilih bulan yang berjalan itu sangat penting karena untuk menentukan bulan yang berjalan, dan bisa di isi daftar hadirnya dan tersimpan. Karena jika bulan yang dipilih bukan bulan yang berjalan maka hasil pengsiannya tidak tersimpan. Jika memilih bulanJanuari maka akan tampil seprti dibawah ini, Setelah menentukan Semester dan Bulan, selanjutnya kita menuju ke tab membuat daftar hadir. Klik menu “Buat daftar hadir” maka akan muncul notifikasi seprti ini..

Setelah muncul notif seperti gambar di atas maka klik “OK” dan selanjutnya klik menu simpan dan refersh.
Klik OK Hasilnya akan nampak seperti gambar di bawah ini …


Kalau sudah terbentuk form Kehadiran maka tinggal mengisi sesuai kondisi nyata di lapangan dengan cara :
1.. Jika dinyatakana hadir maka lakukan “Chelklist” pada form absen 
2.. Jika dinyatakan tidak hadir maka lakukan “Uncheklist” pada form absen 
3.. Dampak “uncheklist” warna yang tampil akan berbeda sesuai dengan ketarangan absen GTK yang bersangkutan. 
4.. Berikut warna yang menandai absen sesuai kondisi yang bersangkutan 

Jika ingin mengetahui rekap absen setiap GTK dan datanya maka caranya adalah dengan mengklik nama GTK pada Form Absen.


Mencetak/Mengisi Surat Izin
Untuk mengisi Surat izin/Dinas luar/sakit adalah dengan cara sebagai berikut:

à  Pilih nama GTK di Form Absen/ Kehadiran
à  Kemudian pilih menu (input Surat izin)
à  Maka akan tampil form isian input surat izin
à  Isilah tabel surat izin sesuai permintaan form
à  Setelah terisi maka pilih “SIMPAN” dan klik “OK”
à  Kemudaian lakukan reload web atau tekan F5

Tampilan Setelah di isi surat izin adalah sebagai berikut


LOGIN GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (GTK) Login GTK berfungsi untuk melihat rekap kehadiran masing-masing GTK, dengan cara memsaukan “NUPTK” à Llau tekan “Enter”, seprti gambar dibawah ini :


Buku panduan penggunaan Aplikasi Data Kehadiran Guru dan tenaga Kependidikan Versi ver.1.1 @2017-2018 ini disusun untuk memberikan deskripsi terkait informasi umum aplikasi dan panduan teknis penggunaan aplikasi telah dijelaskan.
Apabila bapak ibu maih kurang jelas, Bapak Ibu bisa Downloade File Panduan Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan di Bawah Ini.

Dan Jika Bapak Ibu Belum Benar Benar Paham Dengan Cara Mudah Menggunakan Aplokasi DHGTK, Bapak Ibu bisa Baca Pengertian DHGTK Di Link (PENERTIAN DHGTK)

Demikian Pembahasan Cara Mudah Menggunakan Aplikai DHGTK ini, Apabila Bapak Ibu Masih Keulitan dalam mengerjakan tugas ini, ada pastikan sepid kecepatan internet Bapak Ibu Seuai Standar SNI, hehehe,,, apabila Bermanfaat Apa susahnya Saling Berbagi Informasi pengetahuan sesame Guru Maupun Tenaga Kependidikan.

1 Response to "Cara Mudah Penggunaan Aplikasi DHGTK "

  1. KISAH CERITA SUKSES SAYA JADI PNS


    Assalamu Alaikum wr-wb, mohon maaf sebelum'nya saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS, saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, saya sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR. HERMAN. M.SI No beliau selaku direktur aparatur sipil negara di bkn pusat Hp beliau 0853-2174-0123 siapa tau beliau masih bisa membantu anda. Wassalam....

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel